TUGAS 1.5.d REFLEKSI-PENGEMBANGAN KURIKULUM PJOK - PKG PJOK
KERANGKA REFLEKSI 4 C :
1. Connection
2. Challenge
3. Concept
4. Change
PERTANYAAN REFLEKSI
- Ceritakan keterkaitan materi yang sudah Bapak/Ibu pelajari dengan peran Bapak/Ibu.!
- Adakah ide, materi atau pendapat dari narasumber yang berbeda dari praktik yang Bapak/Ibu jalankan selama ini?
- Ceritakan konsep-konsep utama yang Bapak/Ibu pelajari dan menurut Bapak/Ibu penting untuk terus dibawa selama menjalankan peran Bapak/Ibu?
- Ceritakan sebuah perubahan dalam diri Bapak/Ibu yang ingin dilakukan setelah pembelajaran pada hari ini?
- Kaitan dengan pengembangan kurikulum PJOK sebagai seorang Guru PJOK sendiri, saya merasa memiliki tanggungjawab besar untuk dapat meningkatkan dan mengembangkan ketrampilan fisik anak, namun selain itu saya sadar bahwa PJOK tidak hanya sebatas itu. Lebih luas mata pelajaran PJOK sangat penting dalam mengembangkan aspek sosial, mental, dan emosional peserta didik. Oleh karena itu sudah menjadi tugas Guru PJOK untuk merancang kurikulum yg mendukung hal itu tercapai dengan dasar kurikulmu merdeka yang saat ini kita gunakan. Di dalam kurikulum merdeka mendorong partisipasi aktif peserta didik dalam proses pembelajaran, dan guru diberikan fleksibilitas dalam merancang kurikulum yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik. Dengan ini maka sebagai Guru akan lebih bebas untuk mengkreasiakan pembelajaran yang inovatif sesuai dengan kebutuhan peserta didik dengan pembelajaran yang berpusat pada murid.
- Ada banyak hal baru setelah menyelesaikan materi ini, salah satunya adalah penggunaan backward desain. Di dalam backward desain guru menentukan tujuan akhir terlebih dahulu dari proses pembelajaran, setelah itu baru memikirkan langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebut. Selama ini pembelajaran yang saya lakukan hingga sampai tahap asesmen bisa dikatakan bersifat menghakimi, artinya saya merancang langkah pembelajaran terlebih dahulu hingga menentukan asesmennya. Di sini rasanya tidak adil di mana setiap peserta didik akan diperlakukan sama. Di backward desain Guru berpedoman pada tujuan pembelajaran yang jelas, di mana dalam proses pembalajaran Guru akan selalu mengevaluasi dan merefleksi pembelajaran yg berlangsung agar tujuan pembelajaran benaar-benar tercapai oleh seluruh peserta didik.
- Konsep-konsep utama yang dapat saya terus bawa dalam pembelajaran di kelas yang pertama adalah backward desain, di mana guru menentukan terlebih dahulu tujuan pembelajaran yang jelas kemudian merancang dan selalu mengevaluasi proses belajar yg berlangsung. Kedua kaitan dengan konsep pembelajaran aktif dan inklusif. Hal ini sejalan dengan kurikulum merdeka, di mana dalam kurikulum merdeka mendorong partisipasi aktif peserta didik dan tuntutan guru untuk dapat merancang pembelajaran sesuai dengan kebutuhan masing-masing peserta didik. Jika dapat dipraktikkan maka pembelajaran akan membekas dan bermakna untuk peserta didik.
- Setelah mempelajari modul pengembangan kurikulum PJOK ini saya ingin mempraktikkan backward desain dan pembelajaran aktif inklusif. Saya akan memulai dengan menetapkan tujuan pembelajaran yg jelas bersama peserta didik. Kemudian bersama peserta didik merancang langkah-langkah pembelajaran untuk mencapai tujuan tersebut, sehingga di sini saya berharap peserta didik akan terdorong untuk aktif dan termotivasi dalam belajar PJOK.
Komentar
Posting Komentar